5 November 2011

Mousetrap Car

Mousetrap Car  
   
   Sebuah mobil perangkap tikus (mousetrap car) adalah kendaraan kecil hanya memiliki satu bentuk kekuatan motif yang dari perangkap tikus. Variasi termasuk penggunaan beberapa perangkap, atau perangkap tikus yang sangat besar, untuk daya tambahan.
   Mobil perangkap tikus yang sangat sering digunakan dalam fisika atau lainnya kelas sains fisik untuk membantu siswa membangun keterampilan pemecahan masalah, mengembangkan kesadaran spasial, belajar untuk waktu anggaran, dan perilaku praktik koperasi.


Desain 

   Gaya umum untuk mobil perangkap tikus yang bervariasi. Kebanyakan orang memilih mobil roda empat, tapi mobil tiga roda dan mobil dua roda juga ada. Salah satu cara untuk meningkatkan jarak adalah untuk menggantikan string yang menarik poros dengan karet gelang. Roda yang lebih besar akan meningkatkan jarak yg diperoleh dengan menggunakan jumlah energi yg sama. Menggunakan string lebih dari apa yang dibutuhkan akan menyebabkan string untuk mundur disekitar poros setelah string habis.

 

Spring Power

   Sebuah perangkap tikus didukung oleh pegas torsi heliks. Pegas torsi mematuhi bentuk sudut hukum Hooke:

 \tau = -\kappa\theta\,
 dimana \tau\,, adalah torsi yang diberikan oleh spring di newton-meter, dan \theta\,, adalah sudut putar dari posisi kesetimbangan dalam radian. \kappa\,, adalah konstanta dengan satuan newton-meter / radian, berbagai cara yang disebut koefisien torsi, torsi modulus elastis, atau hanya konstanta pegas, sama dengan torsi yang diperlukan untuk memutar pegas melalui sudut 1 radian. Hal ini sejalan dengan konstanta pegas dari sebuah pegas linier.

Energi dari U, dalam joule, disimpan dalam sebuah pegas torsi adalah:
  U = \frac{1}{2}\kappa\theta^2
Ketika perangkap tikus dirakit, pegas awalnya dipelintir melampaui posisi kesetimbangan sehingga berlaku torsi signifikan terhadap bar ketika perangkap ditutup.



Gesekan Roda
   
    Alasan lain untuk menambahkan tuas ke bar perangkap tikus adalah untuk mengurangi jumlah torsi diterapkan ke roda. Jika terlalu banyak torsi diterapkan ke roda, gaya antara roda dan tanah akan melebihi gaya gesekan maksimal karena koefisien gesekan antara roda dan permukaan tanah. Ketika ini terjadi, slip roda dan energi yang tersimpan di spring yang terbuang. Menggunakan tuas panjang di bar perangkap tikus mengurangi ketegangan dalam string karena torsi spring, dan dengan demikian mengurangi torsi diterapkan ke roda mobil.

    Selain untuk mengurangi torsi diterapkan ke roda, koefisien gesekan dapat ditingkatkan dengan menggunakan bahan gesekan yang lebih tinggi. Contohnya seperti memberikan karet ban dalam motor ke bagian luar dari ban dgn cara di lem.


Ket : String adalah bagian besi atau kayu tambahan untuk menambah kemampuan mobil menempuh jarak yg lebih jauh.









  
NOTE : Masalah tali udah gua post sebelumnya, klik aja disini


sumber : sumber 1 , sumber 2 

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))